Sukseskan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani pada KPPN Kotamobagu

DJPBN Siap Salurkan DAK Fisik dan Dana Desa melalui KPPN

Jakarta, djpbn.kemenkeu.go.id – Dirjen Perbendaharaan mengutarakan kesiapan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa melalui KPPN mulai tahun ini. “Ditjen Perbendaharaan memiliki 181 KPPN dan 33 Kantor Wilayah. Kami jamin jika pengajuan tepat, maka satu hari bisa selesai dan masuk rekening, dengan pemanfaatan teknologi,” demikian janji yang diberikan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono dalam kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (2/3).

Pemerintah telah berkomitmen meningkatkan alokasi anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa. Sebagai konsekuensinya diperlukan pelayanan, koordinasi, dan monitoring evaluasi yang lebih efektif terhadap kinerja pelaksanaan anggaran Pusat dan Daerah. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa, KPPN selaku instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan akan memegang peran penting dalam penyaluran dana DAK Fisik dan Dana Desa. Pemerintah daerah kabupaten/kota nantinya juga harus menyampaikan laporan realisasi ke KPPN sebagai syarat penyaluran tahap berikutnya.

“Jika ada permasalahan, pemda cukup datangi KPPN terdekat untuk kemudian dikomunikasikan ke pusat. Dengan dekatnya jarak Pemda dengan KPPN, semoga koordinasi langsung yang terkait transfer daerah lebih lancar,” harap Marwanto.

Eselon I Kementerian Keuangan